Friday, March 4, 2016

Gerhana Matahari Total


SUARA KAMPUS STAINU, MALANG – Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, mengumumkan bahwa peristiwa gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada Rabu pagi, 9 Maret 2016.
Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur, Gerhana matahari  dapat dilihat juga oleh masyarakat Malang.
Berdasarkan hisab lembaga ini, gerhana matahari total yang akan terlihat dari Malang terjadi dalam beberapa fase dengan Waktu Indonesia Barat.
Fase pertama adalah awal gerhana matahari terjadi pada pukul 06:21.24. Fase pertengahan gerhana matahari total berlangsung pada pukul 07:25.21. Sementara akhir gerhana matahari total pada jam 08:38.32. dengan lebar gerhana kurang lebih 83,73%.
“Gerhana matahari adalah peristiwa langkah dan istimewa. Ini perlu kita sambut dengan kegiatan pengamatan, shalat gerhana, dzikir, kegiatan sosial dan kegiatan falakiyahan lainnya,” dalam surat edaran dari PWNU Jawa Timur, Jumat (04/3).
Gerhana Matahari total akan melewati wilayah Indonesia, diantara lain Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, ternate dan Halmahera. Sedang wilayah Indonesia lainnya akan mengalami gerhana matahari sebagian.
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang jika diamati dari bumi terlihat bulan menutupi matahari sehingga terjadi kontak yang disebut dengan gerhana matahari. Gerhana matahari akan terjadi pada saat ijtima’ (konjungsi) di mana bulan dan matahari berada pada salah satu titik simpul atau di dekatnya. (red)
Share:

No comments:

Post a Comment

JOIN US !

JOIN US !

KONTAK REDAKSI

Jl. Raya Kepuharjo 18A PPAI An-Nahdliyah
Karangploso Malang. Kode Pos : 65162.
Contac Person : 081282577492 - 081235248670