Saturday, June 11, 2016

Profil KOMPAS




KOMPAS
(KOMANDO MAHASISWA PECINTA ALLAH SWT) 

      Adalah organisasi/jam’iyah Kemahasiswaan dan Kemasyarakatan yang menjadi sarana kawah candra dimuka dalam upaya mensinergikan kedalaman spiritual dan ketajaman intelektual dalam jiwa mahasiswa Indonesia khususnya STAINU Malang. KOMPAS merupakan jam’iyah/organisasi kemahasiswaan yang lahir dibawah komunitas-kumunitas aktivis yang ingin belajar mempersiapkan jiwa dan raga sebelum terjun dalam organisasi baik Intra maupun Ekstra kampus, yang kemudian menjadi salah satu lajnah/jam'iyah mandiri (Lembaga Semi Otonom) pada tanggal 01 Muharrom 1946 H di kampus STAINU Malang, Jawa Timur. Kelahirannya didasarkan pada tiga landasan utama, yaitu;
Ø  Landasan Normatif, yaitu al-Quran dan al-Hadits.
Ø  Landasan Ideologis, yaitu berfahamkan Islam Ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah bithoriqotid Dalailul Khoirot almulazamatul Khoierot.
Ø  Landasan Konstitusional, yaitu Pancasila, UUD 1945 dan PD-PRT Jam’iyyah KOMPAS.
Karakteristik KOMPAS;
  1. Sebagai penganut, pengamal ajaran Islam Ahlusunnah waljamaah Annahdliyah yang berdasarkan pengamalan Akhlaq dan Tasawuf.
  2. Sebagai Jam’iyah/organisasi Kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan dan sosial kampus yang berdiri secara independent.

VISI:
Terwujudnya Insan Kamil Yang Kaaffah.

 MISI:
  1. Mewujudkan Organisasi/Jam’iyah sebagai wadah dan tempat yang melakukan pelayanan dengan menggali, mengkaji, dan menyalurkan kepedulian anggota/kader terhadap umat dan bangsa.
  2. Meningkatkan kinerja dan eksistensi Jam’iyah sebagai lembaga sosial-keagamaan dalam tataran masyarakat/mahasiswa di kampus dan daerah masing-masing.
  3. Memberdayakan potensi SDM untuk berkontribusi nyata dalam kegiatan umat dan bangsa.
  4. Membentuk sistem kaderisasi yang kritis dan solutif, serta menjadi garda terdepan dalam perjuangan umat dan bangsa.
  5. Menciptakan suasana internal organisasi/jam’iyah yang kondusif dan membangun serta membina interaksi dan kerjasama dengan eksternal organisasi.
  6. Membagun semangat anggota/kader untuk menjadi benteng dalam Berakhlaqul Karimah di tengah-tengah umat dan bangsa dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran(amar ma`ruf nahi munkar).

TUJUAN:
Terbinannya Insan yang Ulul Al-Bab. Pejuang-Pemikir yang mengedepankan Akhlaqul Karimah, menjadi Kholifah fil Ardhi dalam segala lini kehidupan, serta bertanggung jawab atas terwujudnya umat yang mencintai dan dicintai Allah SWT.



HAKEKAT KEBERADAAN KOMPAS

(KOMPAS sebagai Jam'iyah/Organisasi Mahasiswa)

Makna KOMPAS sebagai Jam'iyah/Organisasi Mahasiswa adalah wadah yang menghimpun mahasiswa yang menuntut ilmu pengetahuan di perguruan tinggi (Universitas/Akademi/Institut/Sekolah Tinggi) atau yang memiliki ciri-ciri kemahasiswaan. Adapun ciri-ciri kemahasiswaan tersebut adalah ilmiah, kritis dan analitis, rasional, obyektif, serta sistematis.

(KOMPAS sebagai Jam'iyah/Organisasi berasaskan Islam)
KOMPAS sebagai Jam'iyah/Organisasi berasaskan Islam maksudnya adalah wadah yang menghimpun mahasiswa yang beragama Islam, dimana secara individu dan organisatoris memiliki ciri-ciri ke-Islaman, menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai sumber norma, nilai, inspirasi, dan aspirasi dalam setiap aktivitas dan dinamika organisasi.
(KOMPAS sebagai Jam'iyah/Organisasi yang Bersifat Independen)
KOMPAS yang bersifat independen adalah watak organisasi yang selalu tunduk dan berorientasi pada kebenaran(hanif), sehingga kiprah setiap individu dan dinamika organisasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara mempunyai pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang tidak terikat dan tidak mengikatkan diri dengan kepentingan mana pun.
Prinsip-prinsip independensi KOMPAS dalam implementasi dirumuskan sebagai Aplikasi dan dinamika berfikir, bersikap, dan bertindak secara keseluruhan dari karakter asli anggota/kader pejuang KOMPAS terumus dalam bentuk :
  1. Cenderung kepada kebenaran
  2. Bebas, merdeka, tawadhlu’ dan terbuka
  3. Obyektif, rasional, kritis dan solutif serta berakhlaqul karimah
  4. Progresif, dinamis, demokratis, jujur dan adil
  5. Zuhud,  konsisten, relevan,  ikhlas dan prefesional.

 KHITTAH

(Garis Besar Perjuangan)

Dalam arah perjuangan dan upaya mewujudkan tujuan organisasi di dasarkan pada konseptualisasi nilai-nilai yang ada dalam Ediologi ke-Tasawufan. Sedangkan nilai-nilai tersebut terkandung dalam lima hal, yang disebut sebagai al-asas al-khomsah (Lima Asas Pokok). Nilai-nilai tersebut akhirnya menjadi ruh atau spirit organisasi dan yang akan diimplementasikan dalam kehidupan sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Jam’iyah/organisasi. Kelima hal tersebut adalah;

1.   Tafaqquh fi al-din
Adalah semangat perjuangan yang didasarkan pada pengasahan kemampuan dan ketajaman intelektual para anggota dan pejuang KOMPAS, dalam upaya meningkatkan kualitas sumbar daya manusia seutuhnya di seluruh fan (cabang) ilmu pengetahuan, tanpa adanya pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu umum. Karena semua ilmu bersumber dari Yang Maha Mengetahui, yaitu Allah SWT.

2.   Iltizamut thoat
Adalah semangat perjuangan mahasiswa yang didasarkan ketaatan kepada;
a.   Allah SWT sebagai Tuhan pencipta, pembimbing dan pendidik manusia.
b.   Baginda Rasul Muhammad Saw, selaku pembawa risalah kebenaran dan panutan umat manusia.
c.   Ulil amri, yaitu ulama dan umaro.

3.   Tazkiyat al-nafsi
Adalah semangat perjuangan yang didasarkan upaya pembersihan dan pensucian diri, baik lahiriyah maupun bathiniyah dari segala bentuk sifat dan perbuatan yang tidak baik.

4.   Hifdz al-aurad wa al-adzkar fi Aktsirissholawati alannabiyil Mukhtar
Adalah semangat perjuangan yang di dasarkan atas upaya menjaga keseluruhan waktunya diniatkan untuk beribadah kepada Allah Swt dengan mendatangkan kemanfaatan, kebaikan dan pahala dari Allah Swt, baik untuk diri sendiri, orang lain maupun masyarakat luas (bangsa dan Negara).

5.   Khidmah lil-ummah
Adalah semangat perjuangan untuk memberikan darma bhakti kepada ummat manusia, kepada bangsa dan negara sebagai wujud pengabdian kepada Allah Swt secara menyeluruh. Oleh karena itu, secara singkat tujuan secara internal adalah mengkontektualisasikan kelima prinsip tersebut pada seluruh sendi kehidupan untuk membentuk generasi dan calon pemimpin bangsa yang mempunyai karakter, yaitu; nasionalis, intelektual dan sufistisk.
Share:

1 comment:

JOIN US !

JOIN US !

KONTAK REDAKSI

Jl. Raya Kepuharjo 18A PPAI An-Nahdliyah
Karangploso Malang. Kode Pos : 65162.
Contac Person : 081282577492 - 081235248670