Tarbiyatul Janid
oleh : Ust. Arif Syaifuddin, S. Pd (yang dibadali oleh Ust Ahmad Dani Rozikin)
Materi halaqoh kompas kamis, 8 november 2018
Kitab Ta'lim Muta'alim
Ta'lim Muta'alim merupakan kitab yang membahas mengenai etika mencari ilmu, karangan syekh Az-Zarnuji. kitab Ta'limul Muta'alim ini merupakan kitab yang sangat monumental sekali di kalangan pesantren.Kitab Ta'lim Muta'alim
Awal muncul kitab ini pada akhir zaman dinasti abbasiyah. Masa dimana terjadi sebuah bencana intelektual yang luar biasa yakni kitab-kitab islam dileburkan oleh tentara persia kedalam sungai nil, menurut kisah bahkan sampai sungai nil berwarna hitam (disebabkan oleh tinta kitab). Yang melatarbelakangi adanya kitab ini adalah rasa prihatin dari syekh Az-Zarnuji melihat keadaan para pencari ilmu pada masa itu, banyak yang mencari ilmu tetapi sedikit yang mendapatkan kemanfaatan. Kemanfaatan dari sebuah ilmu yakni "Adanya korelasi antara bertambahnya ilmu dengan kualitas kehidupan."
Dalam kitab Ta'lim Muta'alim terdapat sebuah kutipan "barangsiapa diantara kalian menemukan kenikmatan dari sebuah ilmu kemudian mengamalkannya, maka kalian tidak akan menyukai apa yang disukai oleh manusia(tidak akan terhanyut oleh arus yang namanya trend)".
Syekh azzanuji mengatakan dalam kitabnya bahwa ilmu wajib dibagi menjadi 2 :
1. علم الحال
Mencakup ilmu ushuluddin, ilmu fiqih, ibadah dan muamalah.
2. علم المعيشة
Mencakup ilmu mengenai profesi dll.
Sebuah kutipan dari kitab Ta'lim Muta'alim:
افضل العلم علم الحال
وافضل العمل حفظ الحال
"Keutamaan ilmu adalah ilmu hal (keadaan, memotivasi diri sendiri tidak bergantung pada orang lain atau motivator) keutamaan amal adalah hal / حفظ الحال (menjaga jiwa supaya bisa berkehendak merdeka).
Kualifikasi dari kitab Ta'lim Muta'alim:
1. Etika/adab memilih guru
a. A'lam (berpengetahuan luas) : yakni memilih guru yang lebih pintar atau lebih pandai darinya
b. Auro' (punya karakter dan prinsip hidup) : yakni memilih guru yang lebih wira'i (menjaga).
c. Asan (berpengalaman karna Usia) : yakni memilih guru yang lebih tua darinya.
2. Etika memilih teman :
a. Tekun
b. Waro' (hati") punya karakter hidup
c. Jujur
d. Mudah memahami masalah, tidak Telmi (telat mikir).
3. Hindari teman yang :
a. Pemalas
b. Pengangguran (hanya pilih-pilih jika menurutnya ada untungnya)
c. Banyak bicara (tanpa ada tindakan)
d. Suka mengeluh
e. Suka mengacau (menghasut)
f. Gemar menebar fitnah/namimah (penyebar hoaxs)
g. Suka berprasangka (tidak melihat realitas).
4. Strategi belajar efektif :
a. Memulai belajar pada hari rabu
b. Menghadap kiblat
c. Tidak terlalu dekat dengan guru (posisi belajar), kecuali terpaksa.
d. Bertahap, fahami dan diulang" kemudian di hafal
e. Membuat catatan
f. Menjaga kesehatan dan kebersihan
g. Tidak ngeyel/suka berdebat (tidak rasional dan ilmiah)
h. Jika jenuh pada satu ilmu, maka diperkenanka pindah ke-ilmu lain
i. Tidak terlampau banyak bergaul dengan lawan jenis
j. Tidak banyak omong kosong yang tidak berguna
k. Selalu membawa buku untuk dipelajari
l. Berdoa dan mohon didoakan (karna kita tidak tahu dari mana dan siapa doa itu akan dikabulkan).
Catatan : "Orang semakin dewasa itu semakin malas berdoa. Dulu waktu kecil ketika di ajari berdoa sangat serius dan rajin sekali."
Seseorang tidak akan menghasilkan ilmu tan 6 perkara:
1. دكاء
Yang artinya cerdas, memiliki kepandaian.
2. حرص
Yang artinya ambisi, memiliki ambisi atau kemauan dalam mencari ilmu.
3. اصتبار
Yang artinya sabar, sabar ketika belum diberi kepahaman.
4. بلغة
Yang artinya rela berkorban, dalam pasti membutuhkan biaya.
5. ارشاذ استاذ
Yang arinya ajaran guru, dalam belajar memerlukan guru atau tutor.
6. طول زمان
Yang artinya waktu yang lama, dalam mencari ilmu dibutuhkan proses dan waktu yang lama karena saking banyaknya ilmu didunia ini.
Catatan : "Membaca apapun. Buku, kitab, entah apapun itu. Kirimilah Fatihah supaya mendapat kemanfaatan(barokah). Terlepas dari penulis atau pengarangnya muslim atau tidak. Karena kita berhutang budi terhadap mereka atas waktu dan usaha mereka."
والله اعلم با لصواب
Terimakasih
Semoga bermanfaat...
(Red/Fitakur Nikmah)
No comments:
Post a Comment